​KABAR TERBARU!!! Rp 1.000 Jadi Rp 1, Mata Uang Baru Akan Diterbitkan Untuk Cegah Inflasi. Simak Penjelasannya. Jangan Lupa Bagikan

   


Jakarta -Kementerian Keuangan menyatakan ada kekhawatiran masyarakat terkait rencana redenominasi atau penyederhanaan mata uang rupiah yang akan dilakukan. Masyarakat cemas terjadinya inflasi berlebih. Tetapi Kemenkeu sudah mempersiapkan siasat. 


Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agus Suprijanto menyampaikan, kebijakan redenominasi rupiah yang rencananya akan dilakukan mulai 2014 bukanlah kebijakan sanering yang pernah dilakukan waktu pemerintahan Presiden Soekarno. 


 ” Redenominasi adalah penyederhanaan langkah penulisan dengan menghilangkan 3 digit, jutaan jadi ribuan tanpa ada mengurangi daya beli harga pada nilai rupiah untuk barang atau jasa. Harga mengikuti. Lain dengan sanering, nilai duit dipotong tak diikuti harga barang sehingga daya beli turun, ” jelas Agus waktu ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (7/12/2012). 


Agus menyebutkan, langkah antisipasi yang di siapkan untuk mencegah inflasi tinggi waktu redenominasi sudah di siapkan. Pertama, mengedarkan uang redenominasi serta uang lama secara bersamaan. Lalu ada keharusan pedagang mencantumkan dua label harga berbeda di pasar, harga lama serta harga dengan nilai redenominasi. 


 ” Jadi pada masa transisi sekitar tahun 2014 hingga 2018, kita menggunakan dua denominasi (mata uang) yang berbeda, serta di pasar itu harus mencantumkan dua label harga (dual price tag). Lalu tahun 2019 hingga 2022, kita akan menggunakan mata uang baru yang sudah diganti denominasinya. Jadi prosesnya sangat panjang, bisa 8 tahun, bahkan 11 tahun dari saat persiapan, ” jelasnya. 


Agus menambahkan, untuk toko-toko yang tidak menyediakan dua label harga (dual price tag) jadi akan dikenakan sanksi. Tetapi, sanksi itu akan ditetapkan dalam pembahasan dengan DPR kelak. 


 ” Ini untuk masyarakat supaya tertib agar tak buat kepanikan, ” cetus Agus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s