Inilah Penyakit Akibat Sering Begadang

  

Inilah Penyakit Akibat Sering Begadang

Sahabat Ummi, hampir setiap orang pernah begadang selama hidupnya baik usia muda atau yang sudah tua. Begadang memang dibolehkan tapi sebaiknya jangan sering dilakukan. Beraktivitas di malam hari mungkin sering dilakukan karena harus lembur untuk melaksanakan tugas, atau mungkin untuk melakukan aktifitas lainnya. Tapi, apakah Sahabat Ummi tahu bahwa begadang juga memiliki sisi negatif yang bahkan bisa membahayakan kondisi kesehatan tubuh kita?

Apakah kita tahu, bahwa malam hari merupakan waktu khusus yang diperlukan tubuh untuk beristirahat. Setelah seharian penuh tubuh kita dipaksa untuk bekerja, maka tentu tubuh juga perlu beristirahat walau dalam benak kita, masih merasa kuat untuk melakukan aktivitas lainnya. Tapi, sebenarnya tubuh sangat lemah jika terus dipaksakan untuk bekerja.

Untuk itu, kita perlu tahu penyakit yang timbul akibat sering begadang diantaranya adalah:

1. Masuk angin

Udara di malam hari sebenarnya tidak cocok untuk dihirup. Jika kamu sering begadang maka akan mudah terserang masuk angin dan perut menjadi kembung.

2. Lemas, kurang semangat dan kurang konsentrasi

Orang yang begadang tentu tubuhnya kekurangan energi. Di pagi hari kamu bisa merasa lemas dan kurang semangat bahkan tidak konsentrasi untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Jadi, lebih baik tidur teratur dan esok hari kita bisa melaksanakan tugas lainnya dengan baik.

 

Baca juga: Begadang yang Boleh dan yang Terlarang

 

3. Sakit kepala

Jika semalaman kita terus begadang, walaupun kita telah mengisi perut, tapi kepala akan terasa sakit. Di pagi hari biasanya kepala kita akan terasa pusing dan sakit dan  sedikit demi sedikit bagian dari sel otak akan mengalami masalah karena tidak cukup istirahat.

4. Pikun

Seringnya begadang semalaman yang membuat kita jarang tidur bisa menyebabkan penyakit pikun walau usia masih muda. Fungsi otak saat tidur di malam hari yang seharusnya menggabungkan memori eksplisit dan implisit di dalamnya, jika kita tidak tidur  maka fungsi otak yang satu ini akan terganggu dan menyebabkan kepikunan.

5. Depresi

Ketika kondisi lemas dan bahkan konsentrasi buyar maka akan mempermudah stres dan lelah mental hingga akhirnya kita bisa depresi.

6. Diabetes

Terlalu sering begadang dapat menyebabkan diabetes tipe dua dan obesitas. Adapun penelitian lain mengatakan serangan jantung lebih sering terjadi pada pekerja malam.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s