Soal Bendera Aceh, Yusril Ihza Mahendra: Mau Tidak Mau Pemerintah Pusat Harus Mengalah

By Zuhri Noviandi – 12/08/2016

Yusril Ihza Mahendra

    

MEDIAACEH.CO, Banda Aceh –  Permasalahan bendera dan lambang Aceh hanya bisa diselesaikan dengan cara kompromi antara pemerintah Aceh dan pusat. 

Hal itu disampaikanYusril Ihza Mahendra, saat ditanyai mediaaceh.co terkait qanun bendera Aceh yang hingga hari ini belum diimplementasikan.

“Jadi yang paling penting masalah ini dapat diselesaikan dengan baik dengan satu kesepahaman antara pusat dan daerah,” tutur pakar hukum dan tata negara Indonesia tersebut usai menghadiri diskusi bersama pimpinan dan anggota DPR Aceh, Jumat 12 Agustus 2016.

Yusril menilai permasalahan bendera itu adalah kewenangan undang-undang pemerintah Aceh. Menurutnya, bendera Aceh mencerminkan semangat dari masyarakat Aceh sendiri sesuai yang ada di dalam konsideran tentang pembentukan UUPA.

“Terkait qanun tentang bendera ini sebenarnya adalah kewenangan undang-undang Aceh. Namun hingga hari ini qanun tersebut belum diimplementasikan. Ini adalah bagian dari proses mau tidak mau pemerintah pusat harus mengalah. Jika memang tidak sependapat dari awal kan bisa buat perundingan.”

Yusril mengatakan, penyebab terjadinya pro dan kontra soal bendera tersebut dikarenakan masih ada yang keberatan terkait lambang bendera yang dinilai sama dengan lambang Gerakan Aceh Merdeka. 

Menuruy Yusril, ada dua jalan yang harus dilaukan yaitu dengan mecari simbol atau lambang lain dengan sedikit perubahan sehingga tidak terdapat persamaan pokoknya.

“Dan permasalahan ini juga telah saya bicarakan dengan pak Yusuf Kalla wakil presiden RI, saya mengatakan kita susah payah menyelesaiakan konflik di Aceh. Jangan hanya gara-gara bendera ini sampai Aceh konflik lagi,” ujarnya tersenyum

– See more at: http://mediaaceh.co/news/soal-bendera-aceh-yusril-ihza-mahendra-mau-tidak-mau-pemerintah-pusat-harus-mengalah-8846#sthash.zlNswphI.dpuf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s