InternationalRabu, 10 Agustus 2016 – 06:00 WIBYusof bin Ishak, Pria Minangkabau Presiden Pertama SingapuraAhmad Taufik – OkezoneA A AFacebookTwitterPinterestGoogle PlusSINGAPURA – Yusof bin Ishak adalah pria kelahiran 12 Agustus 1910 Padang Gajah, Trong, Perak, Singapura. Ia adalah Presiden pertama di Singapura semenjak Negeri Singa itu berubah menjadi republik, sekira 51 tahun yang lalu, tepatnya pada 9 Agustus 1965.Ia berhasil menjabat sebagai kepala negara setelah People’s Action Party (PAP) memenangkan pemilihan umum pertama pada 30 Mei 1959. Dia menggantikan Yang di Pertuan Negara pertama dan Gubernur Singapura, William Goode.BERITA REKOMENDASIKisah Penari Terbaik India Sudha Chandran Melawan Keterbatasan FisikKarier Cemerlang Syeikh Hasina meski Tumbuh dalam KetakutanSatu hal yang menarik dan patut jadi kebanggaan buat rakyat Indonesia, presiden pertama Negeri Singa ini ternyata adalah keturunan Minangkabau. Leluhurnya adalah seorang bangsawan Minangkabau, Datok Jonathan.Namun kemudian pada 1789, leluhurnya bersama dengan adik laki-lakinya, Datok Setia dan 80 orang pengikutnya bermigrasi ke Kedah dan bersumpah setia kepada Sultan Kedah.Yusof adalah anak tertua dari sembilan anak dan ayahnya adalah Ishak bin Ahmad. Sebagai orang terdidik, Ishak menemukan pekerjaan di Malayan Administrative Service dan menjabat sebagai pegawai di kantor Kecamatan di Taiping dan kemudian di Departemen Perikanan.Pada 1923, Yusof kemudian dipindahkan ke Singapura untuk menjabat posisi asisten inspektur perikanan. Dia adalah orang pertama non-Eropa yang menjadi Direktur Departemen Perikanan. Demikian sebagaimana dilansirSingapore Infopedia, Rabu (10/8/2016). (Sil)1 / 3FacebookTwitterPinterestGoogle PlusBACA JUGATokoh DuniaSELANJUTNYAKemal Pasha Ataturk, Bapak Sekularisme Republik TurkiApa pendapat anda mengenai artikel ini?90 %2 %0 %2 %5 %Tulis komentar disclaimerAtlet Korut Dedikasikan Medali Emasnya untuk Kim Jong UnDemonstrasi Anti-Olimpiade di Brasil Pecah, 50 Orang DitahanArab Saudi Buka Persidangan Tragedi Crane MakkahKecelakaan Pesawat di Virginia, Tidak Ada yang SelamatWNI Jadi Korban Tabrak Lari di MalaysiaPresiden Filipina Tidak Menyesal Panggil Dubes AS ‘Anak Pelacur’Kakek Tewas Tak Mampu Hindari Banjir di ASCari Berita LainnyaHomeHeadlinesNewsFinanceLifestyleCelebrityBolaSportsTechnoRubikWarung KopiInfografisFotoVideoAbout UsRedaksiKotak PosDisclaimerAvailable On    ©2007-2016 Okezone.com, All Rights Reserved / rendering in 0.0587 seconds [111][x]

SINGAPURA – Yusof bin Ishak adalah pria kelahiran 12 Agustus 1910 Padang Gajah, Trong, Perak, Singapura. Ia adalah Presiden pertama di Singapura semenjak Negeri Singa itu berubah menjadi republik, sekira 51 tahun yang lalu, tepatnya pada 9 Agustus 1965.

Ia berhasil menjabat sebagai kepala negara setelah People’s Action Party (PAP) memenangkan pemilihan umum pertama pada 30 Mei 1959. Dia menggantikan Yang di Pertuan Negara pertama dan Gubernur Singapura, William Goode.

BERITA REKOMENDASI

Satu hal yang menarik dan patut jadi kebanggaan buat rakyat Indonesia, presiden pertama Negeri Singa ini ternyata adalah keturunan Minangkabau. Leluhurnya adalah seorang bangsawan Minangkabau, Datok Jonathan.

Namun kemudian pada 1789, leluhurnya bersama dengan adik laki-lakinya, Datok Setia dan 80 orang pengikutnya bermigrasi ke Kedah dan bersumpah setia kepada Sultan Kedah.

Yusof adalah anak tertua dari sembilan anak dan ayahnya adalah Ishak bin Ahmad. Sebagai orang terdidik, Ishak menemukan pekerjaan di Malayan Administrative Service dan menjabat sebagai pegawai di kantor Kecamatan di Taiping dan kemudian di Departemen Perikanan.

Pada 1923, Yusof kemudian dipindahkan ke Singapura untuk menjabat posisi asisten inspektur perikanan. Dia adalah orang pertama non-Eropa yang menjadi Direktur Departemen Perikanan. Demikian sebagaimana dilansirSingapore Infopedia, Rabu (10/8/2016). (Sil)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s