Tidur Malam 6,5 jam Sehari Membuat Tubuh Lebih Sehat

Isnin 25 July 2016M.
Isnin 19 Syawal 1437H.

Tidur Malam 6,5 jam Sehari Membuat Tubuh Lebih Sehat
Apakah tidur malam 6,5 jam sehari membuat tubuh lebih sehat?
Simak selengkapnya.

image

Sebaik-baik istirahat yaitu tidur, bahkan di dalam Islam tidur termasuk aktifitas ibadah jika ada niat karena Allah di dalamnya. Tidur diberikan Allah kepada manusia sebagai fasilitas untuk mengistirahatkan badan sehingga sesudahnya badan menjadi segar kembali, seperti yang tertulis pada kutipan ayat sebagai berikut: “…dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat“ (QS. An-Naba’ : 9)

Saat kita kurang tidur akan menyebabkan badan menjadi tidak fit, namun ternyata kebanyakan tidur juga dapat berefek buruk bagi tubuh, yang ideal tentu saja tidur yang cukup jangan kekurangan dan kelebihan.

Akhir-akhir ini ditemukan sebuah fakta melalui sebuah penelitian selama hampir 25 tahun di negara-negara industri dan pasca industri, disebutkan bahwa 92,5% pekerja-pekerja yang menyempatkan diri tidur siang mempunyai daya kreatifitas lebih tinggi. Kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah pun ikut meningkat.

Selain itu hasil penelitian tersebut juga mengagetkan karena lebih dari 1,1 juta penduduk Amerika Serikat dan Jepang yang berusia 30 tahun ke atas berkaitan dengan pola tidur mereka dan jumlah kematian yang ada.

Setelah diteliti selama 6 tahun yaitu dari tahun 1982 hingga 1988, mendapati mereka yang tidur malam hingga 8 jam setiap hari beresiko 12% lebih cepat menyebabkan kematian dibanding orang-orang yang tidur malam hanya 7 jam saja. Bahkan orang-orang yang tidur malam hanya 5 jam perhari dipercaya mempunyai potensi hidup lebih lama. Alasannya semakin lama seseorang itu tidur maka organ dalam akan beresiko melemah bahkan rusak. Saat seseorang kebanyakan tidur maka dia akan beresiko mengidap penyakit jantung, diabetes dan mudah lupa, bahkan dapat juga menyebabkan kematian.

Berdasarkan penelitian yang lainnya lagi, Profesor Psikiatri dari Universitas California bernama Daniel F Kripke menerbitkan sebuah jurnal yang berjudul “Sleep” pada tahun 2004, dimana isinya menyimpulkan bahwa tidur malam yang ideal perhari yaitu 6,5 jam saja. Dengan waktu tidur sejumlah itu, stamina tubuh diyakini berada dalam kondisi yang optimal.

Nah… Sahabat Ummi, meskipun tidur itu merupakan salah satu fasilitas istirahat terbaik kita, namun tentu saja tidak akan baik jika porsinya berlebihan, maka tidurlah dengan waktu yang cukup sehingga stamina tubuh kita pun optimal dan aktifitas harian kita menjadi lebih baik.

Referensi:

-Disadur dari Majalah Sihat, Malaysia, Bulan Mei-Juni tahun 2015

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Rena Puspa bernama asli Irena Puspawardani, seorang ibu beranak 3 yang kini berdomisili di Malaysia. Buku solo perdananya berjudul “Bahagia Ketika Ikhlas” terbitan Elex Media Komputindo. Penulis kini aktif menulis di Komunitas Ummi Menulis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s