TIGA PENDAKWAH MUSLIM PALING BERPENGARUH DI DUNIA BARAT

Isnin 25 July 2016M.
Isnin 19 Syawal 1437H.

TIGA PENDAKWAH MUSLIM PALING BERPENGARUH DI DUNIA BARAT

10:58:00

Tiga Pendakwah Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Barat

Berita Islam 24H – Pendakwah Muslim terus bermunculan seiring perkembangan dunia syiar Islam. Beberapa diantaranya ada yang dengan mudah diterima umat, namun tak sedikit pula yang mendapat penolakan kerena ajarannya dinilai tak sesuai dengan Islam.

Beberapa pendakwah bahkan tak hanya dikenal di negaranya sendiri. Karena ajarannya yang mudah dipahami serta mewartakan Islam dengan cara yang santun, para pendakwah ini bisa diterima masyarakat dunia. Berikut beberapa pendakwah paling berpengaruh di dunia barat.

1. Zakir Naik
==========

Pria kelahiran India 18 Oktober 1965 ini bermana asli Zakir Abdul Karim Naik, atau lebih dikenal orang dengan nama Zakir Naik. Sebenarnya Zakir Naik berprofesi sebagai dokter, namun pada tahun 1991 ia memutuskan untuk menjadi seorang pendakwah Islam.

Zakir Naik juga pendiri dan presiden Islamic Research Foundation (IRF), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV gratis Peace TV dari Mumbai, India. Zakir Naik merupakan murid dari Ahmed Deedat, seorang pendakwah besar dari India.

Dalam setiap dakwahnya Zakir Naik selalu membangkitkan kembali dasar-dasar Islam yang kebanyakan tak disadari umat Muslim. Zakir Naik berdakwah dengan cara yang santun tanpa doktrin-doktrin kekerasan dan lebih kepada pendekatan serta penelaran untuk memahami Islam.

2. Yusuf Estes
===========

Pria kelahiran Ohio Amerika tahun 1944 ini memiliki nama asli Joseph Estes, setelah memeluk Islam ia memutuskan mengganti nama menjadi Yusuf Estes dan kemudian lebih dikenal dengan mana Syekh Yusuf Estes. Awalnya Yusuf Estes mengeluti dunia bisnis dan banyak bergelut dengan pelaku usaha di Mesir.

Ia menguasai bahasa Arab secara aktif, demikian juga ilmu Al Quran selepas belajar di Mesir, Maroko dan Turki. Sejak 2006, Yusuf Estes secara regular tampil di PeaceTV, Huda TV, demikian pula Islam Channel yang bermarkas di Inggris.

Dalam berdakwah Yusuf Estes sering menggunakan pendekatan dengan memaparkan kebenaran Islam, humor sederhana dan banyak cinta sehingga membuat umat mudah memahaminya. Yusuf Estes terlibat aktif dalam berbagai aktifitas dakwah. Ia pernah menjadi imam tetap di markas militer Amerika di Texas, dai di penjara sejak tahun1994 dan pernah menjadi delegasi PBB untuk perdamaian dunia.

3. Ahmed Deedat

Syekh Ahmed Hussein Deedat lahir di India pada 1 Juli 1918. Ia merupakan seorang cendikiawan Muslim, seorang pengarang, dosen dan juga orator. Ahmed Deedat juga merupakan guru dakwah dari Zakir Naik.

Pada 1957, Deedat bersama dua orang temannya, mendirikan Islamic Propagation Centre International (IPCI) dan ia menjadi presiden hingga 1996. Kehandalannya membuatnya disegani di dunia barat. Ahmed Deddat menghembuskan nafas terakhirnya di rumahnya pada tanggal 8 Agustus 1998 setelah mengalami penyakit stroke yang di deritanya selama 9 tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s