Tips Memilih Nutrisi Selama Kehamilan

Ahad 17 July 2016M.
Ahad 11 Syawal 1437H.

Tips Memilih Nutrisi Selama Kehamilan

Nutrisi memiliki peranan penting untuk ibu hamil, selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, nutrisi memiliki peranan untuk tumbuh kembang janin.

image

Nutrisi yang dibutuhkan janin disesuaikan dengan usia kandungan.Sumber makanan yang mengandung asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil di awal kehamilan. Sedangkan untuk ibu hamil yang memasuki kehamilan trimester kedua, membutuhkan makanan yang mengandung zat besi. Terakhir adalah kebutuhan energi di trimester ketiga yang harus dipenuhi dengan karbohidrat dan vitamin yang mendukung persalinan.

Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.Selain itu, anda juga harus mengetahui apa saja perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga asupan nutrisi mampu mendukung usia kehamilan. Simak artikelnya berikut ini.

Pertumbuhan dan Perkembangan Kehamilan

usia kehamilan memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui tumbuh kembang janin. Usia kehamilan sebagai tolak ukur dokter kandungan untuk mengetahui kondisi normal atau abnormal pertumbuhan janin. Dengan usia kehamilan juga dapat menentukan prediksi hari lahir. ( Artikel menarik lainnya: Tips Cepat Hamil )

Tumbuh Kembang Janin Trimester Pertama

Pada trimester pertama kehamilan organ penting janin terbentuk. Setelah terjadinya pembuahan, peredaran darah sudah mulai berkembang. Peredaran darah dari ibu hamil ke janin mengangkut oksigen dan nutrisi. Pertumbuhan dan perkembangan janin sangat tergantung dari asupan tersebut.Inilah mengapa pentingnya untuk menjaga asupan folat di awal kehamilan.

Asam folat sangat bermanfaat untuk kehamilan. Peranan penting dari asam folat diantaranya adalah untuk mencegah bayi agar tidak mengalami kecacatan tabung saraf yang seringkali menjadi masalah di awal kehamilan. Selain itu beberapa gangguan janin seperti berat badan lahir yang rendah, celah bibir dan langit-langit, mengalami keguguran dan prematur dapat dicegah dengan asupana asam folat.

Banyak yang bertanya-tanya kapan waktu yang tepat dan seberapa banyak jumlah asupan asam folat ? Ketika anda merencanakan kehamilan maka sebaiknya anda sudah memenuhi kebutuhan asam folat yang seimbang. Selain itu jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan adalah 400 mcg untuk ibu yang merencanakan kehamilan, 600 mcg untuk usia kehamilan trimester kedua.

Tumbuh Kembang Janin Trimester Kedua Kehamilan

Pada trimester kedua kehamilan, kondisi ibu hamil sudah terhindar dari morning sickness.Hanya saja perut yang semakin membesar akan menyebabkan ibu hamil mengalami keluhan kehamilan.Selain itu tumbuh kembang janin didalam kandungan semakin pesat, penyempurnaan organ penting yang harus didukung dengan nurtisi kehamilan. Apa saja yang harus dilakukan?

Ibu hamil memerlukan zat besi diusia kehamilan trimester kedua. Zat besi memiliki peranan penting untuk pertumbuhan janin.Kebutuhan zat besi selama kehamilan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya anemia yang seringkali dialami oleh ibu hamil.

Pada saat hamil volume arah pada ibu hamil mengalami peningkatan 40-60%. Kenaikan ini dipengaruhi karena kebutuhan ibu hamil dalam menyumpai makanan dan oksigen melalui plasenta.Kebutuhan ibu hamil untuk mencukupi zat besi sekitar 40-50 mg perhari.

Kondisi ibu hamil yang mengalami anemia akan berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan juga untuk janin. KOndisi yang dialami oleh ibu hamil yang kekurangan zat besi diantaranya adalah penurunan berat badan , keguguran hingga mengalami kesulitan dalam penyembuhan setelah melahirkan.

Zat besi juga sangat berperan dalam membantu menyediakan oksigen dan sel untuk energi dan pertumbuahan. Makanan yang mengandung zat besi sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil apalagi pada trimester kedua hingga pasca pemulihan persalinan.

Tumbuh Kembang Janin Trimester Ketiga Kehamilan

Selain kesehatan fisik ibu hamil sangat berperan dalam kesehatan psikis menjelang persalinan. Ibu hamil yang baru pertama melahirkan akan mengalami tekanan psikis yang lebih besar dibandingkan melahirkan anak ke dua.

Kesiapan ibu hamil selain dari psikis juga dari energi. Ibu hamil yang sering merasa lelah karena kandungan yang semakin membesar. Konsumsi makanan yagn mengandung karbohidrat dan protein seimbang. Selain itu keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil ditrimester akhir adalah kondisi sembelit. Sembelit dapat diatasi dengan sayur dan buah yang banyak mengandung serat.

Sumber : Tips Memilih Nutrisi Selama Kehamilan – Bidanku.com http://bidanku.com/tips-memilih-nutrisi-selama-kehamilan#ixzz4EdCJqsf3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s