10 Cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami.

Ahad 17 July 2016M.
Ahad 11 Syawal 1437H.

10 Cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami.

image

Mengatasi flek hitam di wajah tentu bukan masalah yang mudah. Akan tetapi persoalan ini bukan berarti adalah perkara yang mustahil. Semuanya bisa dilakukan dengan beragam cara. Jerawat dan flek hitam di wajah memang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang.

Sekresi berlebihan dari melanin merupakan penyebab utama flek hitam. Beberapa penyebab timbulnya flek hitam meliputi: ketidakseimbangan hormon, kehamilan, menopause, asupan obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin, kekurangan mineral, gangguan usus dan stres. Selain di wajah, flek hitam di seluruh tubuh perlu dikonsultasikan ke dokter, karena mungkin ada masalah mendasar. Banyak produk pemutih yang tersedia di klinik kesehatan, selain harganya yang mahal juga mengandung bahan kimia yang pada akhirnya dapat berbahaya bagi kulit anda. Alternatif pengobatan yang dapat lakukan adalah dengan cara alami, selain murah dan mudah didapatkan, cara alami tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

cara menghilangkan flek hitam

10 CARA MENGHILANGKAN FLEK HITAM DENGAN MUDAH

Bagi anda yang saat ini sedang memiliki flek hitam di wajah yang membandel dan susah dihilangkan maka simaklah tips-tips berikut. Beberapa cara menghilangkan flek hitam pada wajah antara lain :

1. MENGHILANGKAN FLEK HITAM DENGAN LEMON.
===============

Lemon mengandung asam sitrat di dalamnya dan asam ini memiliki manfaat kecantikan yang besar. Asam sitrat tidak hanya membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, tetapi juga menyebabkan pertumbuhan sel-sel baru dan mencerahkan kulit. Lemon bermanfaat untuk meredakan masalah flek hitam di wajah, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat dan keriput. Efek samping yang mungkin terjadi adalah sedikit rasa terbakan, kesemutan, dan kemerahan sementara pada kulit.

Caranya : Siapkan lemon dan kapas bola. Peras secukupnya lemon ke wadah. Lalu tuangkan perasan air lemon ke kapas. Sekarang usapkan kapas yang telah dicampur lemon ke wajah anda. Biarkan hingga mengering. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Jangan berada di bawah sinar matahari terlebih dahulu setelah melakukan proses ini, karena membuat kulit anda sensitif.

2. MENGHILANGKAN FLEK HITAM DENGAN BUAH PEPAYA
====================

Pepaya mengandung papain, enzim yang mengeksfoliasi kulit, mendorong produksi sel-sel baru, sehingga kulit tampak lebih segar. Papain juga menghambat tirosinase enzim, yaitu sel-sel kulit penghasil pigmen digunakan untuk memproduksi melanin. Pepaya hijau mengandung papain lebih tinggi daripada yang matang. Namun, terasa sedikit menyengat bila diterapkan ke kulit. Pepaya matang juga baik untuk digunakan. Anda bisa memilihnya.

Caranya : Lembutkan pepaya sampai menajdi seperti “bubur”, lalu gosokkan pada daerah yang terkena flek hitam pada kulit anda. Anda juga bisa mencampur dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kulit pepaya juga bisa bermanfaat untuk scrub yang sangat baik untuk lutut dan siku.

3. MENGHILANGKAN FLEK HITAM MENGGUNAKAN MINYAK VITAMIN E
==============================

Vitamin E adalah antioksidan dan memiliki efek yang bagus pada penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin e dapat menembus dermis (lapisan tengah kulit dibawah epidermis) dan menstabilkan produksi kolagen.

Caranya : Minyak vitamin E dicampur dengan minyak jarak/castor oil (minyak dari biji pohon jarak). Lalu oleskan pada daerah bekas jerawat dan flek hitam. Tunggu beberapa saat, lalu bilas secara bersih. Anda juga bisa mengkombinasikan minyak vitamin E dengal lidah buaya sebagai masker wajah. Anda bisa membeli minyak vitamin e dan minyak jarak di apotik.

4. MENGHILANGKAN FLEK HITAM MENGGUNAKAN KENTANG
=======================

Kentang kaya akan vitamin dan mineral, asam lemak esensial dan berbagai fitokimia seperti karotenoid dan polifenol. Dengan semua kandungan Vitamin-C, B kompleks, serta mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan seng, kentang dapat merangsang kolagen dan elastin sintesis. Bahkan, jus kentang adalah salah satu solusi terbaik untuk bintik-bintik hitam pada kulit. Vitamin c yang berasal dari kentang berfungsi untuk mengelupaskan sel-sel mati, dan dengan demikian mengurangi bintik-bintik hitam.
Caranya : Siapkan 2-3 buah kentang. Parut kentang, lalu tambahkan sedikit air. Kemudian peras parutan kentang tersebut menggunakan saringan bersih. Tambahkan beberapa tetes jeruk nipis dan setengah sendok madu. Lalu usapkan daerah flek hitam di wajah anda. Biarkan selama sekitar 20 menit kemudian bersihkan.

5. MENGHILANGKAN FLEK HITAM DENGAN KULIT SEMANGKA

Semangka dikenal sebagai salah satu obat terbaik untuk flek hitam karena kaya akan serat, vitamin A, B dan C. Semangka yang dingin dan manis mampu membantu mengurangi bintik-bintik pada kulit akibat terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Namun, Anda tidak perlu menyimpan buahnya untuk diterapkan ke flek hitam Anda. Anda hanya menggunakan kulit semangka!

Caranya : Iris semangka dan ambil kulitnya. Gosok bagian dalam kulit semangkan pada wajah anda sehingga sari semangkan akan meresap ke kulit Anda. Lakukan ini selama beberapa menit dan kemudian biarkan selama beberapa waktu kemudian bilas sampai bersih. Anda bisa melakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu.
6. LIDAH BUAYA

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang bagus dan bermanfaat sebagai pemutih alami. Caranya :

Terapkan gel lidah buaya secara langsung pada flek hitam di wajah anda.
Lakukan pijatan lembut dengan jari selama 3-5 menit. Biarkan sejenak
Bersihkan wajah menggunakan kain bersih yang terlebih dahulu direndam air hangat
Lakukan cara ini secara teratur 2x sehari selama beberapa minggu.
7. KUNYIT

Kunyit merupakan bahan alami yang berfungsi untuk pencerah kulit alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Kunyit juga efektif sebagai anti penuaan dini. Untuk mempermudah, anda bisa membeli kunyit bubuk. Caranya :

Buatlah pasta yang terdiri dari kunyit, susu dan jus lemon.
Lalu oles ke kulit dimana terdapat bintik-bintik atau flek hitam.
Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
Anda juga bisa membuat pasta yang terdiri dari kunyit, madu dan minyak zaitun.
Lakukan cara ini secara teratur hingga flek hitam anda berkurang
8. MADU

Madu merupakan bahan alami yang fenomenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu mengandung anti biotik alami yang dapat menyingkirkan bakteri penyebab bintik hitam. Madu juga membantu menjaga kulit anda tetap sehat segar. Caranya anda cukup menggunakan madu saja, usahakan madu yang anda gunakan adalah madu asli.

Oleskan madu di area wajah yang terdapat flek hitam.
Biarkan madu mengering selama 1 jam (anda juga bisa menerapkan pada malam hari sebelum tidur)
Bilas menggunakan air bersih.
Lakukan cara ini secara teratur setiap hari hingga wajah anda bersih dari flek.
9. MENTIMUN

Mentimun merupakan buah yang tinggi kalium serta vitamin E, vitamin A dan vitamin C. Mentimun memiliki sifat pendingin dan menenangkan pada kulit yang terkena luka. Mentimun adalah salah satu bahan alami yang bisa anda coba untuk menyingkirkan bintik-bintik hitam. Caranya:

Siapkan irisan kecil mentimun segar, setidaknya satu atau dua potong.
Rendam dengan air dalam gelas kecil selama sekitar 60 menit.
Suplemen, misalnya, vitamin A, kalium dan klorofil akan terserap ke air.
Saring air tersebut lalu gunakan air mentimun untuk membasuh wajah anda.
Gunakan cara ini secara teratur.
Anda juga dapat membuat masker wajah dengan mentimun. Caranya; lembutkan 1 buah mentimun lalu gunakan sebagai masker pada wajah. Biarkan selama sekitar 20 menit. Lalu cuci wajah dengan air hangat. Ini akan membantu dalam membersihkan bakteri dan kotoran dari pori-pori.
10. CUKA SARI APEL

Cara menghilangkan flek hitam dengan cuka sari apel. Cuka sari apel merupakan bahan alami yang efektif untuk sejumlah masalah kulit, termasuk bintik-bintik hitam. Cuka sari apel akan membantu memudarkan bintik-bintik dengan lebih cepat. Caranya:

Campur cuka sari apel dengan air dengan jumlah yang sama. Anda juga dapat menambahkan beberpa tetes madu.
Oleskan campuran tersebut pada bintik-bintik hitam
Tunggu 2-3 menit, lalu cuci dengan air bersih
Lakukan cara ini sekali dalam sehari sampai mendapatkan hasil yang positif.
Menghilangkan flek hitam pada wajah membutuhkan proses yang tidak singkat. Jangan pernah putus asa jika flek di wajah anda belum juga hilang. Teruslah berusaha. Praktikkan dan rutinkan cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami di atas. Pilihlah salah satu dari sekian tips yang cocok untuk anda terapkan. Hari demi hari, pelan namun pasti maka hasilnya akan didapat secara maksimal.

Lihat juga Video cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan mentimun, mari kita simak bersama :

Beberapa orang mungkin tidak sabar dikarenakan menginginkan cara yang cepat. Bahkan mungkin ada yang menginginkan sekali berobat langsung flek di wajah hilang. Bisa memang, mungkin dengan operasi kulit. Tapi coba anda bayangkan jika operasi yang dipilih, berapa banyak biaya yang musti dikeluarkan. Belum lagi resiko kegagalan yang mungkin akan didapat. Oleh karena itu dalam perawatan wajah membutuhkan proses bertahap, seperti halnya cara menghilangkan flek hitam pada wajah yang telah disebutkan diatas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s