Cara Menggunakan Kompas

 

lihat yang asli (lambat dimuat)

Cara Menggunakan Kompas

Kompas adalah alat yang mendasar untuk bertahan hidup di alam liar. Bersama dengan peta topografis yang berkualitas bagus dari wilayah yang sedang Anda jelajahi, mengetahui cara menggunakan kompas akan memastikan Anda tidak akan pernah tersesat. Anda dapat belajar untuk mengidentifikasi komponen dasar kompas, membaca dengan akurat arah Anda, dan mulai mengembangkan keterampilan navigasi yang diperlukan dengan beberapa langkah sederhana. Lihat Langkah 1 untuk memulai belajar menggunakan kompas Anda.

Iklan

Bagian 1 dari 3: 
Mempelajari Dasar-Dasarnya

1

Pahami tata letak dasar kompas. Walaupun desain kompas itu berbeda, setiap kompas mencakup jarum magnet yang mengarahkan dirinya ke medan magnet di Bumi. Kompas lapangan dasar, juga kadang-kadang disebut kompas baseplate, berfitur komponen sederhana berikut yang hendaknya Anda biasakan diri sesegera mungkin:

Baseplate adalah piringan plastik yang jernih tempat kompas tertanam.panah arah perjalanan adalah panah di baseplate yang menunjuk arah kebalikan dari kompas.rumah kompas adalah lingkaran plastik yang jernih yang menampung jarum kompas magnet.The dial derajat adalah dial yang dapat diputar yang mengitari rumah kompas yang menampilkan seluruh 360 titik derajat dalam lingkaran.jarum magnet adalah jarum berputar dalam rumah kompas.The panah penunjuk adalah panah non-magnetik dalam rumah kompas.The garis penunjuk adalah garis dalam rumah kompas yang berjalan sejajar dengan panah penunjuk.

2

Pegang kompas dengan benar. Tempatkan kompas datar pada telapak tangan Anda dan telapak tangan di depan dada Anda. Ini adalah sikap yang tepat untuk kompas ketika bepergian. Jika Anda membaca peta, tempatkan peta pada permukaan yang datar dan tempatkan kompas di peta untuk mendapatkan pembacaan yang lebih akurat.

3

Temukan arah mana yang Anda hadapi. Sebagai latihan dasar cepat untuk mengorientasikan diri, ada baiknya untuk mengetahui arah mana yang sedang Anda hadapi atau jalani. Lihatlah jarum magnetik. Ini harus berayun ke satu sisi atau sisi lainnya, kecuali jika Anda menghadapi Utara.Putar dial derajat sampai panah penunjuk sejajar dengan panah magnetik, arahkan mereka berdua ke Utara, dan kemudian temukan arah kasar yang Anda hadapi dengan melihat panah arah perjalanan. Jika panah arah perjalanan sekarang antara N (U) dan E (T), misalnya, berarti Anda menghadapi Northeast (Timur Laut).Cari di mana panah arah perjalanan berpotongan dengan dial derajat. Untuk mendapatkan pembacaan yang lebih akurat, lihat secara dekat penanda derajat pada kompas. Jika memotong di 23, berarti Anda menghadap 23 derajat dari Timur Laut.

4

Pahami perbedaan antara Utara “Sejati” dengan Utara”Magnetik”. Walaupun mungkin tampaknya membingungkan bahwa ada dua jenis “Utara,” itu adalah perbedaan dasar yang dapat pelajari Anda dengan cepat, dan ini merupakan bagian informasi yang penting untuk dipelajari agar menggunakan kompas dengan benar.[1]Utara Sejati atau Utara Peta mengacu pada titik di mana semua garis bujur bertemu di peta, di Kutub Utara. Semua peta itu ditata dengan sama, dengan Utara Sejatinya di bagian atas peta. Sayangnya, karena variasi-variasi dalam medan magnet, kompas tidak akan menunjuk ke Utara Sejati, melainkan akan menunjuk ke Utara Magnetik.Utara Magnetik mengacu pada kemiringan medan magnet, sekitar sebelas derajat dari kemiringan sumbu bumi, sehingga menghasilkan perbedaan antara Utara Sejati dengan Utara Magnetik sebesar 20 derajat di beberapa tempat. Tergantung di mana Anda berada di permukaan bumi, Anda harus memperhitungkan pergeseran Magnetik untuk mendapatkan pembacaan yang akurat.Walaupun perbedaan mungkin tampak kecil, perjalanan menyimpang satu derajat saja untuk jarak satu mil (1,6 km) akan menjadikan Anda menyasar sekitarTemplat:convert keluar dari jalur. Pikirkan betapa menyasarnya Anda jadinya setelah sepuluh atau dua puluh mil. Sangat penting untuk mengkompensasi dengan mempertimbangkan deklinasi.

5

Pelajari mengoreksi deklinasi. Deklinasi mengacu pada besar perbedaan Utara pada peta dengan Utara pada kompas di suatu titik tertentu, mengingat medan magnet bumi. Agar lebih mudah menggunakan kompas, Anda dapat mengoreksi deklinasi baik dengan menambahkan atau mengurangi deklinasi dari arah Anda dalam satuan derajat, tergantung pada apakah Anda mengambil arahnya dari peta atau dari kompas, dan apakah Anda berada di daerah dengan deklinasi Timur atau deklinasi Barat.Di AS, garis nol deklinasi memanjang melalui Alabama, Illinois, dan Wisconsin, dengan sedikit diagonal. Sebelah timur garis itu, deklinasi berorientasi ke arah Barat, yang berarti bahwa Utara Magnetik terletak beberapa derajat ke Barat terhadap Utara Sejati. Sebelah barat garis itu, yang terjadi adalah sebaliknya. Ketahui deklinasi di daerah tempat Anda akan melakukan perjalanan sehingga Anda dapat mengompensasikannya.Misalkan Anda mengambil arah dari kompas di daerah dengan deklinasi Barat. Anda akan mengurangi besar derajat yang diperlukan untuk mendapatkan arah yang benar yang sesuai pada peta Anda. Di daerah dengan deklinasi Timur, Anda justru akan menambahkan derajat.

Iklan

Bagian 2 dari 3: 
Menggunakan Kompas

1

Kumpulkan data arah Anda untuk mengetahui arah mana yang sedang Anda tujui. Bila Anda sedang hiking di sekitar di hutan atau di tanah lapang, ada baiknya untuk memeriksa arah Anda secara berkala untuk memastikan Anda akan ke arah yang Anda inginkan. Untuk melakukan hal ini, gerakkan kompas sampai panah arah perjalanan menunjuk ke arah yang telah Anda tempuh dan akan ditempuh. Kecuali Anda sedang menuju utara, jarum magnet akan berputar ke satu sisi.Putar dial derajat sampai panah penunjuk sejajar dengan ujung utara dari jarum magnetik. Setelah mereka selaras, ini akan memberitahu Anda ke arah mana panah perjalanan Anda menunjuk.Hilangkan variasi magnetis lokal dengan memutar dial derajat sebesar derajat yang benar ke kiri atau kanan, tergantung pada deklinasi. Lihat di arah mana panah perjalanan sejajar dengan dial derajat.

2

Terus bergerak ke arah ini. Untuk melakukannya, cukup pegang kompas dalam sikap yang tepat, ubah posisi tubuh Anda sampai ujung utara jarum magnet sekali lagi sejajar dengan jarum penunjuk, dan mikuti arah panah perjalanan. Periksa kompas Anda sesering yang Anda butuhkan, tapi pastikan tidak khilaf memutar dial derajat dari posisi saat ini.

3

Fokus pada titik di kejauhan. Untuk mengikuti arah panah perjalanan dengan akurat, lihat pada panah, kemudian fokus pada sebuah objek yang jauh seperti pohon, tiang telepon, atau tanda lainnya, dan gunakan ini sebagai panduan. Jangan fokus pada sesuatu yang terlalu jauh, seperti gunung, karena objek besar tidak cukup tepat untuk bernavigasi dengan akurat. Setelah Anda mencapai setiap titik panduan, gunakan kompas untuk menemukan titik panduan lain.[2]Jika visibilitas terbatas dan Anda tidak dapat melihat obyek yang jauh, gunakan anggota lain dari kawanan berjalan Anda (jika ada). Berdiri diam, kemudian mintakan mereka untuk pergi dari Anda ke arah yang ditunjukkan oleh arah panah perjalanan. Panggil mereka untuk memperbaiki arah mereka saat mereka berjalan. Ketika mereka mendekati tepi visibilitas, mintakan mereka untuk menunggu sampai Anda menyusulnya. Ulangi seperlunya.

4

Transposisikan arah perjalanan ke peta Anda. Tempatkan peta Anda pada permukaan horizontal, kemudian tempatkan kompas pada peta sehingga panah penunjuk menunjuk ke utara sejati pada peta. Jika Anda mengetahui posisi Anda saat ini pada peta, geser kompas sehingga tepinya melewati posisi Anda saat ini, tetapi panah penunjuknya terus menunjukkan utara.Buatlah garis sepanjang tepi kompas dan melalui posisi Anda saat ini. Jika Anda menjaga arah ini, jejak Anda dari posisi Anda saat ini akan mengikuti garis yang baru Anda tarik pada peta Anda.

5

Belajar untuk mengambil arah dari peta. Untuk mengetahui arah mana yang perlu Anda lalui untuk mencapai suatu tempat, tempatkan peta pada permukaan horizontal dan tempatkan kompas pada peta. Gunakan tepi kompas sebagai penggaris, tempatkan sehingga menciptakan garis antara posisi Anda saat ini dan tempat yang ingin Anda tujui.[3]Putar dial derajat sampai panah penunjuk menunjuk ke utara sejati pada peta. Ini juga akan menyelaraskan garis penunjuk kompas dengan garis utara-selatan peta itu. Setelah dial derajat diam, simpan lagi petanya.Dalam hal ini, Anda akan mengoreksi deklinasi dengan menambahkan besar derajat yang tepat di daerah dengan deklinasi Barat, dan mengurangkan di daerah dengan deklinasi Timur. Ini adalah kebalikan dari apa yang akan Anda lakukan ketika pertama kali menentukan arah Anda dari kompas, sehingga ini sebuah perbedaan penting.

6

Gunakan arah baru untuk bernavigasi. Pegang kompas secara horizontal di depan Anda dengan arah panah perjalanan menunjuk menjauh dari Anda. Gunakan panah ini untuk memandu Anda ke tujuan Anda. Putar tubuh Anda sampai ujung utara jarum magnet sejajar dengan jarum penunjuk, maka Anda akan berorientasi benar menuju tujuan pada peta.

Iklan

Bagian 3 dari 3: 
Menemukan Arah ketika Tersesat

1

Pilih tiga tanda lanskap yang menonjol yang bisa Anda lihat sekaligus temukan pada peta Anda. Salah satu hal yang paling sulit dan canggih yang dapat Anda lakukan dengan kompas, tapi salah satu yang paling penting, adalah mencari tahu di mana Anda berada ketika Anda tidak tahu lokasi Anda yang tepat di peta. Dengan lokasi tanda khas yang dapat Anda lihat pada peta Anda, idealnya yang tersebar secara luas di seluruh bidang pandang sebisa Anda, Anda bisa menemukan diri Anda terorientasi kembali.

2

Tujukan arah panah perjalanan di tamda pertama. Kecuali jika tandanya di sebelah utara dari Anda, jarum magnet akan berputar ke satu sisi. Putar dial derajat sampai panah penunjuk sejajar dengan ujung utara dari jarum magnetik. Setelah mereka selaras, ini akan memberitahu Anda di mana arah panah perjalanan Anda menunjuk. Koreksikan deklinasi, tergantung pada daerah Anda.

3

Transposisikan arah tanda ke peta Anda. Tempatkan peta Anda pada permukaan horizontal dan kemudian tempatkan kompas pada peta sehingga panah penunjuk menunjuk ke utara sejati pada peta. Kemudian, geser kompas sehingga tepinya melewati tanda di peta, sementara panah penunjuk terus menunjukkan utara.

4

Triangulasikan posisi Anda. Tarik garis sepanjang tepi kompas dan melalui perkiraan posisi Anda. Ini adalah garis yang pertama dari tiga garis yang akan Anda tarik untuk menemukan posisi Anda dengan membentuk segitiga dengan dua tanda lainnya.[4]Ulangi proses ini untuk dua landmark lainnya. Setelah selesai, Anda akan memiliki tiga jalur yang membentuk segitiga di peta Anda. Posisi Anda itu di dalam segitiga ini yang ukurannya tergantung keakuratan arah Anda. Arah yang lebih akurat mengurangi ukuran segitiga dan, dengan banyak latihan, Anda bisa saja mendapatkan garis yang berpotongan pada satu titik.

Iklan

Tips

Anda dapat juga memegang kompasnya tepat ke badan Anda dengan memegang sisi baseplate di antara kedua tangan Anda (membentuk L dengan ibu jari Anda) dan menjaga siku Anda menempel di sisi Anda. Berdirilah menghadapi objek tujuan Anda, tatap lurus ke depan, dan paskan diri Anda dengan objek itu yang Anda gunakan untuk mendapatkan arah Anda. Garis imajiner yang memanjang dari badan Anda akan melalui kompas Anda searah dengan jarum perjalanannya. Anda bahkan dapat meletakkan ibu jari Anda (ujung kompasnya bersandar padanya) di depan perut Anda untuk mempertegar pegangan Anda. Pastikan saja Anda tidak memakai pengancing ikat pinggang dari logam yang besar atau bahan magnetik lainnya dekat engan kompas ketika melakukan ini.Seringkali lebih mudah menggunakan fitur lanskap di dekat Anda untuk menentukan posisi Anda yang tepat. Triangulasi itu lebih berguna jika Anda benar-benartersesat atau di daerah yang kosong tanpa fitur.Percayai kompas Anda: 99,9% kesempatan ia menunjukkan arah yang benar. Banyak lanskap yang tampak mirip, jadi sekali lagi, PERCAYAI KOMPAS ANDA.Untuk keakuratan maksimal, pegang kompas setinggi mata Anda dan lihat arah panah perjalanan untuk menemukan tanda lanskap, titik panduan, dll.Ujung kompas biasanya ditandai dengan garis merah atau hitam. Ujung utara biasanya ditandai dengan N (U), tapi jika tidak, coba cari tahu yang mana yang utara dengan mengorientasikan kompas Anda ke utara atau selatan relatif terhadap matahari.

Sumber

http://www.princeton.edu/~oa/manual/mapcompass2.shtml#Compasshttp://www.magazine.ordnancesurveyleisure.co.uk/magazine/tscontent/editorials/outdoor-skills/map-and-navigation-skills/using-a-compass.html http://www.rei.com/learn/expert-advice/navigation-basics.htmlhttp://www.princeton.edu/~oa/manual/mapcompass3.shtml#Scenarios

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s