ENAM FAKTA JOKOWI YANG ANDA BELUM KETAHUI

ENAM FAKTA JOKOWI YANG ANDA BELUM KETAHUI
Citizen6, Jakarta Joko widodo atau Jokowi, presiden RI ke-7 ini memang fenomenal. Karirnya di dunia politik sangat cepat. Karir politiknya mulai terdengar publik saat menjabat wali kota Solo pertama kali pada tahun 2005. Hanya perlu waktu Sembilan tahun untuk mencapai posisi puncak memimpin Indonesia.

Kepopuleran Jokowi tak hanya di Indonesia, namun juga telah mendunia. Beberapa majalah Time, New York Times dan lainnya.

Namun tahukah Anda ada banyak sisi lain dari Presiden Indonesia ke-7 ini yang anda belum tahu. Berikut 6 fakta tentang Jokowi, mantan wali kota Solo yang akrab dengan wong cilik itu seperti ditulis Selasa (28/10/2014):

1. Jokowi, satu-satunya presiden di dunia yang pelantikannya dirayakan oleh rakyat

Senin, 20 Oktober 2014 adalah hari bersejarah bagi Jokwoi dan seluruh rakyat Indonesia. Pada hari itu Jokowi sah menjadi presiden Indonesia yang ketujuh menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono. Pada hari pelantikannya itu, banyak warga yang ikut menggembirakan momen itu sejak pagi.

Jalan-jalan utama di Jakarta dipenuhi oleh warga yang menunggu Jokowi yang akan mengadakan syukuran rakyat di lapangan monumen nasional (Monas). Makin sore, ribuan warga bergerak ke arah satu titik: monas. Tujuannya ingin mendengarkan pidato Jokowi. Turut memeriahkan acara ini adalah para musisi Indonesia, bahkan Arkarna, band asal Inggris pun ikut meramaikan acara ini.

2. Jokowi mempunyai 3 sebutan oleh media asing

Kepopuleran Jokowi mendunia sejak masih menjadi walikota di Solo. Ketika menjadi gubernur Jakarta, ia memperoleh beberapa award, di antaranya adalah Penghargaan sebagai tokoh publik pilihan SPS (Serikat Perusahaan Pers), Marketers of the Year versi Government 2012, Man of the year Globe Asia 2014, 50 Greatest Leader versi Majalah Fortune.

Hal itu membuat beberapa media asing menyebut Jokowi dengan berbagai nama. Oleh Kantor Berita Inggris BBC menyebut Jokowi sebagai Obama dari Jakarta. Sementara majalah The Economist edisi Asia menyebut Jokowi sebagai Mr Fix. Yang artinya bisa memperbaiki atau merapikan semua hal. Sebutan lainnya The man in the Madras Shirt.

3. Jokowi hanya tidur 3 jam sehari

Mungkin semua orang sudah mengetahui bahwa Jokowi adalah pengusaha mebel yang sukses sampai ke Eropa. Namun masih sedikit yang mengetahui perjuangannya untuk mencapai kesuksesan itu. Setelah lulus dari UGM, Jokowi nekat meminjam uang dengan jaminan rumah orangtuanya yang kecil.

Jokowi memang pemberani, pengambil risiko. Dengan kerja keras tak kenal menyerah dan konsisten akhirnya usaha Jokowi berhasil. Ia setiap hari hanya tidur selama 3 jam. Selebihnya ia bekerja dan bekerja.

4. Pernah menjadi ojek payung

Orang-orang biasanya menghabiskan masa bocah dengan bermain dan hal-hal yang menyenangkan lainnya. Namun ini berbeda dengan Jokowi Kecil.

Jokowi yang lahir dari keluarga tukang kayu yang sederhana, ia harus berlatih mandiri. Sejak kecil Jokowi sudah mulai mencari uang sendiri. Salah satunya adalah dengan menjadi ojek payung.

Selain itu ia juga tak segan membantu ibu-ibu membawa belanjaan di pasar. Dengan pengalamannya itu Ia menjadi tahu bagaimana susahnya menjadi rakyat, namun di sini ia menemukan sisi kegembiraannya.

5. Berkah Nama pemberian Micl Romaknan

Salah satu pembeli produknya berasal dari Jerman. Namanya Micl Romaknan. Ia lalu menyarankan laki-laki yang bernama lengkap Joko Widodo ini dengan Jokowi. Alasannya hal ini untuk membedakan pengusaha kayu dari Jepara yang bernama sama. Jokowi tak menolak, akhirnya nama itu sampai sekarang melekat dan mendunia.

6. Ketika mahasiswa, Jokowi pernah pindah-pindah kontrakan

Ketertarikannya dengan kayu membawanya masuk ke Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada jurusan kehutanan. Masa kuliah ini masih ia jalani dengan prihatin karena tak ada biaya hidup yang melimpah.

Waktu itu ia kuliah sambil bekerja serabutan, bahkan ia sampai lima kali pindah rumah kontrakan karena mencari sewa yang lebih murah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s