INI YANG TERJADI JIKA BUMI DATAR SEPERTI PIRING

INI YANG TERJADI JIKA BUMI DATAR SEPERTI PIRING

Dream – Selama ini banyak orang yakin bahwa Bumi itu bulat. Bukan datar seperti piring sebagaimana diyakini anggota The Flat Earth Society –organisasi internasonal yang mendukung gagasan bahwa Bumi itu datar.

Ilmu pengetahuan yang ditulis dalam berbagai buku, dan diajarkan di sekolah-sekolah, menyebut bentuk Bumi menyerupai sferoid pepat, bola yang bentuknya tertekan pipih di sepanjang sumbu dari kutub ke kutub. Sehingga terdapat tonjolan atau menggembung di sekitar khatulistiwa.

Namun bagaimana jika apa yang kita yakini selama ini keliru? Dan ternyata Bumi berbentuk bukan bulat, melainkan datar seperti piring? Lantas, apa pula yang terjadi?

Ada pembahasan menarik dalam serial Vsauce, yang diunggah ke laman Youtube. Pembahasan itu menjawab pertanyaan bagaimana seandainya Bumi yang kita huni ini berbentu datar seperti piring.

“Jika Bumi tidak bulat, tapi datar seperti piring. Dengan kepadatan dan ketebalan yang tepat, hidup di tengahnya terasa sangat normal,” tutur Michael Stevens dalam serial Vsauce sebagaimana dikutip dari Huffington Post, Senin 8 Desember 2014.

Lalu, apakah kita akan terjatuh jika berada di tepi Bumi yang datar itu? Menurut pembahasan itu, kita tidak akan jatuh dan akan terdorong kembali ke tengah karena pengaruh gravitasi.

“Saat Anda bergerak ke tepi, gravitasi pada piringan Bumi akan sedikit condong, mendorong makin kuat kembali ke tengah,” tambah Stevens.

Video ini juga menunjukkan akan seperti apa jika kita berlari di tepian Bumi yang datar. Meskipun Anda tidak mati, Anda mungkin akan kehabisan napas karena harus naik dengan curam. (Ism)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s