MALAYSIA BUMI BERTUAH

MALAYSIA BUMI BERTUAH
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM.

Assalamu’alaikum warahmatullah.
Malaysia bumi bertuah
Kaum sukunya tak terbilang jumlah
Namun mereka tak pernah berpecah.

Ramainya orang datang melimpah
Mencari rezeki dicelah celah
Pencakar langit yang berdiri megah
Di mata dunia dia tetap gah

Di sana mereka mencari ringgit
Untuk membina kampung yang sedang tersepit
Yang kerja kontrek korek tanah
Yang kerja kebun hutan di benah

Pembantu rumah amah di panggil
Tapi sayang ramai yang jahil
Ilmu mereka sangat musykil
Tak mengenal hak dan juga batil

Yang kerja kilang jadi operator
Malam menjelma jadi predator
Jumpa orang lemah pisau di sodor
Untuk modal berlibur di pulau pangkor

Yang dara pula lain lagunya
Terutama yang dari cina
Ramai teruna yang tergoda
Dia pakai baju dada terbuka

Hairan aku bukan kepalang
Bergerak gerak si rumpun ilalang
Aku ingat babi bikin sarang
Rupanya orang naik atas orang

Lain manusia lain ragamnya
Walaupun rambut sama warna
Dalamnya laut boleh diduga
Dalam hati siapa boleh teka

Bahasa melayu di guna di malaysia
Begitu juga di indonesia
Mereka serumpun berbagai bangsa
Mari eratkan kerja sama

Dimanapun kita berada
Kita menyembah tuhan yang sama
Jangan dedahkan cacat dan cela
Cerita sedikit jadi satu ela

Orang ACEH suka berniaga
Di rata ceruk kedai di buka
Di dalam kampung atau di kota
Pelbagai bagai barang akan dijaja

Orang nepal ramai jadi penjaga
Yang jadi senjata kayu dua kali tiga
Mau pegang pistol lesen tak ada
Tapi berlagak macam penguasa

Kalau banglades ramai di kilang
Mereka bekerja siang dan malam
Tak kira pagi atau petang
Yang penteng ringgit dapat di sulam

Kalau rohingya ramai di pasar borong
Mereka datang berbondong bondong
Mereka bekerja bergotong royong
Asalkan ringgit masuk ke kantong

Malaysia besar tidak seberapa
Tapi hebatnya luar biasa
Dari segenap ceruk orang mendarat
Untuk mencari rezeki mengikut kudrat

Bersyukur kita kepada ILAHI
Kerana rezeki kita sudah DI beri
Walau hanya status sebagai kerani
Yang penting boleh menyara anak dan bini

Advertisements

SEORANG PRIA HIDUP KEMBALI SETELAH DI KUBUR

SEORANG PRIA HIDUP KEMBALI SETELAH DI KUBUR
Tribunnews.com, Sao Paolo — Seorang perempuan Brasil yang mengunjungi makam keluarga di pemakaman Ferraz de Vasconcelos, Sao Paulo, terkejut bukan kepalang.

Bagaimana tidak, tak jauh dari makam keluarga perempuan itu, tiba-tiba terdengar suara erangan, lalu tanah di salah satu makam bergoyang, dan tak lama kemudian muncul  seorang pria dari dalam makam itu.

“Saya sangat ketakutan melihat seorang pria, yang saya kira sudah meninggal dunia, mencoba keluar dari makamnya,” ujar perempuan yang tak mau disebutkan namanya itu.

“Kepala pria itu sudah berada di luar makam, dan dia berusaha melepaskan tubuhnya dari makam itu,” lanjut perempuan yang ketakutan itu.

Melihat kejadian langka itu, perempuan tersebut awalnya berlari ketakutan. Namun, tak lama kemudian dia kembali ke pemakaman dan meminta pertolongan petugas pemakaman.

Perempuan itu mengklaim dia sudah menghubungi polisi, tetapi polisi tak memercayai laporannya dan menganggap dia hanya bercanda untuk mengganggu polisi.

Setelah tak bisa meyakinkan polisi, perempuan itu kemudian pergi ke kantor pengelola pemakaman untuk membuktikan bahwa dia tidak mengarang laporannya.
Sebuah video yang diunggah ke situs YouTube menampilkan seorang pria yang mengenakan baju hangat berwarna abu-abu dan badan pria itu mulai pinggang ke bawah masih terkubur di dalam tanah.
Saat ditayangkan stasiun televisi Record TV, pria itu terlihat sudah tak bernyawa, tetapi seorang anggota tim penolong memastikan bahwa pria itu masih bernapas.
Pria itu kini sedang dirawat di rumah sakit setempat dan berangsur-angsur “kembali hidup”. Pihak rumah sakit juga akan melakukan pemeriksaan psikologis terhadap dia.
Polisi menduga, pria itu adalah seorang bekas pegawai balai kota yang terlibat perkelahian di sisi lain kota. Pria itu diyakini pingsan setelah babak belur dihajar para penyerangnya. Diduga tewas, pria itu kemudian dibawa para penyerangnya ke sebuah kuburan.
Para penyerang itu kemudian melemparkan pria yang tengah pingsan itu ke dalam sebuah kuburan kosong. Setelah ditimbun tanah, pria itu tersadar dari pingsannya dan mulai membuat suara yang mengejutkan perempuan itu yang berada tak jauh dari makamnya.

Jawapan isteri yang menyebabkan suami menangis

Jawapan isteri yang menyebabkan suami menangis

http://depalma-sp.blogspot.com | 30 Jun 2015.

Assalamualaikum, kisah ini menceritakan suami yang bekerja secara kontrak dan sudah 3 bulan ditunda gajinya. Isterinya pada suatu hari mengajak beliau ke ekspo perabot dan hiasan dalaman rumah. Semuanya akan diceritakan menerusi perbualan di bawah:
“Abang, kita pergi kedai hiasan dalaman rumah, boleh?”
Isteri memandangku penuh pengharapan. Aku senyum kelat. Mengangguk tidak. Menggeleng tidak.

Tapi, belum sempat aku berikan jawapan dia dah pergi.

Dia tak tahu, dah 3 bulan gajiku tak berbayar. Entah apa masalahnya dengan syarikat tempat kerjaku. Masalah kemelesetan ekonomi agaknya. Aku bukannya kerja tetap pun situ. Ambil upah kontrak saja. Kerja aku, pikul simen, bawa paip besar-besar tu ke rumah-rumah. Kadang-kadang, aku jadi buruh binaan sandaran. Semua kerja berat, aku buat.

Bukan demi perut aku. Tapi, demi keluarga kecil aku ini. Anak baru dua orang. Dekat 10 tahun dah aku nikah. Isteri tak kerja. Suri rumah sepenuh masa.

Rumah ni pun rumah pusaka arwah nenek isteri. Duduk menumpang di tanah famili. Aku harta apa pun tiada. Harapkan kereta Proton Saga first model tu saja. Tu pun dah nak roboh kalau bawa lebih 100 km/j.

“Jom.”

Anak-anak pun dah siap. Isteriku senyum manja.

Kami ke kedai pameran perabot dan hiasan dalaman yang besar dekat area sini. Ada ekspo rupanya.

Aku tengok isteriku dan anak-anak happy sangat. Pergi dari satu pameran ke satu pameran. Dari satu galeri ke satu galeri. Display ke display. Dari pameran ruang tamu ke ruangan dapur.

Aku tengok dan tanya harga.

“Ribu. Belas ribu. Puluh ribu.”

Isteriku pimpin tanganku dan anak-anak. Sepanjang pameran, dia senyum saja. Hairannya, tak pula dia suruh aku beli.

Sampai di ruangan galeri dapur, dia berhenti lama. Aku tahu, dia mengimpikan dapur luas seperti itu. Ada kabinet, lengkap dengan ketuhar, dapur masak dan hood. Barangan dapur serba lengkap. Wanita mana yang tidak suka?

Dia memegang erat sedikit genggaman tanganku. Aku tahu, dia mahu.

“Abang, jom. Kita balik. Dah puas tengok.”

Aku terkebil-kebil. Menuruti saja langkahnya ke kereta uzurku.

Dalam kereta, isteriku tak lepaskan tanganku. Aku sengaja bertanya,

“Awak nak dapur macam tadi, ya?”

Dia jawab,

“Nak sangat. Tapi…”

Aku mencelah.

“Tapi?”

Dia meletakkan kepalanya di bahuku.

“Tapi, biarlah. Syukur dengan dapur rumah kita. Syukur dapat makan dan minum apa adanya. Bukan dapur yang saya ingini, tapi abang dan anak-anak ada di sisi. Masa makan, ceria dan gelak sekali. Gurau senda dengan famili. Meja kecil, senang nak capai dan hulur lauk. Senang nak suap suami dan anak-anak makan. Dapur yang bahagia.”

Aku terdiam. Senyum paksa.

“Abang tahu impian awak..”

Isteriku cepat-cepat genggam erat lagi. Kali ini lenganku jadi mangsa.

“Abang jangan fikir macam-macam. Saya ajak abang datang sini, supaya keinginan mata saya untuk lihat semua tadi, pudar setelah dah lihat. Tak terbayang-bayang dah. Tengok dan lupakan.

Mencintai tidak bermakna perlu memiliki. Suka, tak bermakna nak beli.

Semua barangan mewah tadi, dari ruang tamu sampai ke dapur, dari pagar rumah sampailah rumah mewah, saya impikan abang dan anak-anak ada bersama dalam rumah tu dengan kelengkapan tu semua.

Indah sangat ada segalanya. Bahagia sangat.

Tapi saya bayangkan bukan indah di dunia, bang. Saya bayangkan mahligai di Syurga ada lebih dari semua tadi. Segalanya ada belaka.

Apa guna jika ada semuanya, tapi abang dan anak-anak tidak turut serta? Itu bukan bahagia maknanya pada saya.

Abang, susah kita sekarang, semua yang kita lalui sekarang ini adalah harga yang sedang kita bayar untuk mahligai di akhirat kelak. Makin kita sabar dan tenang lalui pahit-maung, suka duka masih bersama, insya-Allah.

Syurga jadi milik kita jua.

Bang, ‘syurga’ bagi setiap orang tidak sama. Ada orang makan kek yang harga mahal barulah dia terasa bahagia.

Tapi, saya dan anak-anak, makan biskut tawar pun sudah terasa nikmat bahagianya.

Abang, anak-anak. Syurga saya.”

Aku terkesima dengan kata-kata isteriku. Berhenti seketika di bahu jalan. Aku cakap dengan dia nak check tayar. Macam tak sedap saja drive. Padahal, aku tunduk tengok tayar, nangis sendirian.
Masuk balik kereta. Senyum.

“Depan sana ada air jambu asam boi. Semua nak tak?”

Isteri dan anak-anak serentak jawab, “Nak!”

Pantun nasehat

Pantun nasehat
Assalamu ‘alaikum warahmatullah.
Tuk semua rakan tua dan muda.
Tuk yg bukan islam selamat membaca
Untuk yang islam selam sejahtera.
Dah hampir sebulan kita puasa
Ada ada saja dugaannya.
Lumrah kita sebagai manusia 
Ujian Dan dugaan itu mah biasa.
Kepada semua rakan dan  taulan
Janganlah leka di bulan di ramadhan
Tempat amal kita dilipat gandakan
Bukankah  itu yang kita harapkan
Ramadhan bulan rahmat
Allah curahkan segala nikmat
untuk ummat manusia di segala tempat
Saat sahur kita di perintahkan
Makan dan minum ala kadarnya
Jangan lupa niat puasanya
Penat lelah kita tahan lapar dahaga
Tiada fahala Allah catatkan.
Di siang hari jagalah mata
Jangan pandang benda berbisa
Aurat wanita amatlah nista
Akan membinasakan fahala puasa
Kepada semua kaum adam dan hawa
Marilah sama sama kita menjaga.
Nuzul Qur’an hampir tiba
Tepatnya tujuh belas hari bulan puasa
Marilah kita bersiap siaga
Letakkan Al-Qur’an di atas riba
Itulah amalan Al Ambia yang terlebih dahulu
Meninggalkan kita.
Wahai saudara ku yang seagama
Janganlah lena dengan dunia maya
Sebab ianya hanya sementara
Bila kita pergi menghadap sang pencipta
Ia tak akan membimbing kita.
Perjalanan kita masih sangat panjang
Tiada satu alat  yang dapat menjejaki
Berapa lama lagi perjalan ini
Wahai saudaraku muslim sejati
Kita tak tahu bila ajal menghampiri
Jangan menyesal di kemudian hari
Sampai di kubur mintak kembali
Bila  Izrail datang menghampiri
Tiada lagi negosiasi
Tiada cara untuk menyangkal
apa lagi untuk menafi.
Wahai saudara ku yang se akidah
Shalat lima waktu jangan buat tak endah
Kerana shalat tiang agama
Lengkap dengan dalil dan nashnya.
Shalat itu hukumnya Qat’i
Tak payahlah nak buat uji kaji
Kerana sudah ada sejak asali.
Wahai saudaraku kaum muslimin
Dalam engkau mencari rezeki
Jangan lupa qashadkan didalam hati
Rezeki ini untuk anak dan istri
Yang di rumah setia menanti.
Carilah rezeki sekuat kudrat
Jangan lupa membayar zakat.
Wahai saudari ku kaum muslimat
Kehomatanmu akan jadi azimat
Bagi si hidung belang mencari nikmat
Hanya do’a jadi penyelamat
Do’a saja tidak memada
Kalau tidak di iringi dengan usaha.
Usaha mu menutup aurat
Dari pandangan jantan keparat
Segala pergerakan mu tetap memikat
Kalau pakai baju ketat dan sendat
Dari pagi hingga ke petang
Syaithan akan selalu mencari ruang
Untuk menjadikan engkau manusia kecundang
Kaum muslimat dengar ini nasehat…!
Pakai farfum jangan menyengat
Kalau berjalan jangan melenggak
Kalau tertawa jangan terbahak
Kalau pakai baju jangan terbukak
Takut kaum adam tersalah tembak
Nak tembak kaki terkena jidad
Nak tembak lembu terkena katak.
Kalau ikut sejarah lama
Sejak mula nabi Adam DI cipta
Memang ini sudah ternyata
Kaum hawalah yang jadi penggoda
Akibat ulah kaum hawa
nabi ADAM terhalau dari syurga
Kerana godaan syaitan tercela.
Wahai saudara ku kaum muslim dan muslimat
Cepat taubat dari maksiat
Ajal tidak menunggumu taubat mu.
Di bulan yang mulia ini
Marilah sama sama kita mencari
Keridhaan Allah yang hakiki
Mungkinkah kita akan berjumpa dengan  Ramadhan
Tahun depan lagi.
Rebutlah peluang untuk memperbaiki diri
Di bulan Ramadhan yang mulia ini
Kerana setahun hanya sekali
Jangan sampai kita lewati
Kesempatan kali ini.
Saudara saudara ku yang mulia
Sepuluh jari atas jemala
maaf di beri dan dipinta
Anggaplah sajak ini sebagai nasehat…
Semoga berguna untuk rakan semua…
Aaamiiiin…

Pengertian dan Hadits Pemakan Riba

Pengertian dan Hadits Pemakan Riba

Dosa dalam Kemasyarakatan

Rasulullah saw bersabda, “Pemakan riba, orang yang mewakilinya, penulisnya, saksi-saksinya apabila mereka mengetahuinya, orang yang membuat tato dan yang ditato, orang yang tak mau membayar zakat, orang yang murtad setelah hijrah, dilaknat melalui lisan Muhammad pada hari kiamat.( Diriwayatkan oleh an-Nasa’i (nomor 5068, 5505,9296), Ibn Khuzaimah (nomor 2239), Ibn Hibban (nomor 3220), dan al-Baihaqi dalam as-Sunan (nomor 18155))” 

“Pemakan riba,” adalah yang menikmatinya secara langsung, baik memakannya, memakainya, menggunakannya, menempatinya, mengendarainya, atau menggunakannya dalam perdagangan. 

“Orang yang mewakilinya,” adalah orang lain yang mengurusnya, seperti penukar uangnya, penjualnya, pembawa berkas-berkasnya, penulisnya, saksinya, penyimpan arsipnya, dan penjaganya. “Penulisnya,” adalah yang menulis akad-akadnya, menandatangani dokumen-dokumennya, cek-ceknya, atau giro-gironya. 

“Dan saksi-saksinya apabila mereka mengetahuinya,” karena orang yang tak mengetahui dimaafkan. 

“Orang yang membuat tato,” adalah orang yang mentato diri¬nya dengantinta, celupan, atau yang serupa dengan itu. 

“Orang yang ditato,” adalah orang yang meminta orang lain untuk mentatonya. 

“Orang yang tak mau membayar zakat,” adalah orang yang tak mau membayar zakat atau yang menunda-nundanya ketika telah wajib atasnya. 

“Orang yang murtad setelah hijrah,” yaitu pada Nabi saw di- mana orang yang telah hijrah tak boleh kembali dari hijrahnya. 

“Dilaknat melalui lisan Muhammad pada hari kiamat.” Artinya, diusir dan dijauhkan dari rahmat Allah. Yang menjadi bukti bagi kita adalah awal hadits tersebut. 

Di dalam hadits riwayat Muslim dari Jabir disebutkan bahwa beliau mengatakan, “Allah melaknat pemakan riba, orang yang mewakilinya, penulisnya, dan kedua saksinya.” Lalu beliau mengatakan, “Mereka itu sama.( Padanya hadits tersebut adalah nomor 4047)” Sedangkan dalam hadits riwayat al-Hakim dan Ibn Majah dengan sanad yang shahih dikatakan, “Riba itu ada tujuhpuluh tiga pintu; yang paling rendahnya adalah seperti seseorang menikahi ibunya, dan riba yang paling berat adalah melanggar kehormatan seorang Muslim.( Di-takhrij-kan oleh al-Hakim (nomor 2300), Ibn Majah secara ringkas (nomor 2340).”

Pengertian Riba, Hukum dan Dalilnya dalam Al Quran

Pengertian Riba, Hukum dan Dalilnya dalam Al Quran

Dosa dalam Kemasyarakatan

Menurut bahasa atau lugat,pengertian ribaartinya ziyadah (tambahan) atau nama’ (berkembang). Sedangkan menurut istilah pengertian dari riba adalah penambahan pada harta dalam akad tukar-menukar tanpa adanya imbalan atau pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secarabatil.
Di dalam Islam Riba dalam bentuk apa pun dan dengan alasan apa pun juga adalah dilarang oleh Allah SWT. Sehingga, hukum riba itu adalah haram sebagaimana dalil rentang riba dalam firman Allah SWT dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan riba sebagai berikut.

Ayat al-qur’an yang melarang orang Mukmin agar tidak memakan riba dalam Surat Al-Baqarah ayat 278:

يَايُّهَا الَّذِىْنَ أَمَنُوْا التَّقُوْا اللهَ وَذَرُوْا مَابَقِيَ مٍنَ الرِّبَوا اِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِيْنَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut), jika kamu orang yang beriman.” (Q.S. Al-Baqarah: 278)

Firman Allah yang akan emberikan siksa atau Azab bagi orang-orang yang memakan riba yaitu :

وَاَخْذِهِمُ الرِّبَوا وَقَدْ نُهُوْا عَنْهُ وَاَكْلِهِمْ اَمْوَالَ النَّاسِ بِاالْبَاطِلِ وَاَعْتَدْنَا لِلْكَفِرِيْنَ مِنْهُمْ عَذَابًا عَلِيْمًا
Artinya: “Dan disebabkan karena mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.” (Q.S. An-Nisa: 161)
Firman Allah tentang harta Riba yang tidak akan membawa keberkahan :
   
وَمَا ءَاتَيْتُم مِّنْ رِّبًا لِيَرْبُوَا فِى أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُوَا عِنْد اللهِ وَمَا اَتَيْتُمْ مِنْ زَكَوةٍ تُرِيْدُوءنَ وَجْهَ اللهِ فَأُولئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُوْنَ

dan sesuatu Riba (tambahan) yang kamu berikan agar Dia bertambah pada harta manusia, Maka Riba itu tidak menambah pada sisi Allah. dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, Maka (yang berbuat demikian) Itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).
Pernyataan Allah yang lain tentang riba yaitu :

يَمْحَقُ اللهُ الرِّبَوا وَيُرْبِى الصَّدقَتِ واللهُ لاَيُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْم

Artinya: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah SWT tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa. ” (Q.S. Al-Baqarah: 276) 
Adapaun firman Allah yang menyatakan bahwa Jual beli itu tidak sama dengan riba adalah

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَوا لَايَقُمُوْنَ إِلّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبُّطُهُ الشَّيْطَنُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُو اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْل الرِّبَوا وَاَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَوا
Artinya: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran tekanan penyakit jiwa (gila). Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah SWT telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba . . . (Q.S. Al-Baqarah: 275)
Beberapa firman Allah SWT tersebut di atas cukup menggetarkan hati kita sebagai seorang Mukmin, betapa berbahaya akibat yang akan didapat orang-orang yang tidak menghentikan riba atau bentuk-bentuk kegiatan usaha yang berbau riba. Macam-macam riba tersebut di atas berdampak buruk terhadap kehidupan pribadi dan sosial. Orang-orang yang tidak mau segera menghentikan perbuatan riba, seolah-olah ia mengumumkan perang terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya.

Ijamak Dan Qias Dalil Yang Direka Ulamak ?

Ijamak Dan Qias Dalil Yang Direka Ulamak ?

Dunia Maklumat

Al- Quran – Hadis – Ijmak – Qias

Assalamualikum..

Telan air liur saya setelah membaca kenyataan sahabat di facebook yang menghina ulama dengan katanya”Ramai Ulamak yang buta mata hatinya“dan kata-kata yang paling menyentapkan hati saya ialah “Rasulullah s.a.w suruh kita ikut 2 perkara ini iaitu Al-Quran dan Al-Hadis“.

Tetapi hari ini mereka tambah 2 perkara lagi iaitu IJMA’ Ulamk dan juga QIAS,apakah ini ??

Apakah sebenarnya nilai Ulama disisimu ? Taukah kamu apa itu ijmak ulama ? Tahukah kamu apa kesan menolak Ijmak Ulama ? Taukah kamu apa itu Qias ? macam mana kamu boleh paham Al-Quran & Hadisttanpa ulamak ?

Apakah tafsiran ayat Allah :

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya,hanyalah Ulama.”

(Fathir: 28)

Tafsir ayat ini diterangkan oleh Syeikh AbdulAziz bin Baz Rahimahullah yang menjelaskan bahwa Ulama itu adalah manusia yang sgt takut/patuh kepada Allah, Agama-Nya,Kitabnya yang agung,dan Sunnah Rasul-Nya yang mulia.

Dan kepatuhan mereka (Ulama) itu sangat sempurna kapada Allah. Dimana kita hendak letakkan hadis

“Sesungguh Ulama adalah pewaris para nabi..Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham..mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.”
(Hadis sohih).

“Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan mencabutnya dari hamba-hamba,Akan tetapi Dia mencabutnya dengan diwafatkannya para ulama sehingga jika Allah tidak menyisakan seorang alim pun,maka orang-orang mengangkat pemimpin dari kalangan orang-orang bodoh.

Kemudian mereka ditanya,mereka pun berfatwa tanpa dasar ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan.”

(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

BAGAIMANA KAMU MEMAHAMI HADIS ?

“solatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku solat”

jika tidak kaifiat solat itu diajarkan oleh ulama,Benarlah kita sudah berada di penghujung zaman.

Di dalam Sohih Al-Hakim diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr secara marfu’ :

“Sesungguh termasuk tanda-tanda datang hari kiamat adalah direndahkan para ulama dan diangkat orang jahat”.

APA ITU IJMAK :

Menurut Syeikh Abdul Karim Zaidan,Ijma’ adalah :

“kesepakatan para mujtahid dari kalangan umat Islam tentang hukum syara’ pada satu masa setelah Rasulullah s.a.w wafat”.

Contoh mudah untuk kita fahami.Setelah Rasulullah S.A.W meninggal dunia diperlukan seorang pengganti baginda yang dinamakan khalifah.

Maka kaum muslimin yang ada pada waktu itu sepakat untuk mengangkat seorang khalifah dan atas kesepakatan bersama itu maka diangkatlah Abu Bakar RA sebagai khalifah pertama.

Sekalipun pada permulaannya ada yang kurang menyetujui pelantikan Abu Bakar RA itu,namun kemudian semua kaum muslimin menyetujuinya dengan membaiah (berjanji) beliau.

Kesepakatan yang seperti ini dapat dikatakan ijma’.Jumhur ulama bersepakat bahawa Al-Quran,Hadist ijmak dan qias sah dijadikan sebagai dalil hukum.

Disana terdapat dalil-dalil yg tidak disepakati oleh ulama,
Maksud DALIL-DALIL YANG TIDAK DISEPAKATI : Tidak semua ulama menerima dalil-dali ini sebagai sumber rujukan apabila timbulnya masalah-masalah baru,

maksudnya di sini ialah sebahagian ulama menerima dan sebahagiannya menolak”

CONTOH DALIL-DALIL YG TIDAK DISEPAKATI IALAH:

 1 – Al-Istihsan

 2 –  Al-Istishab

 3 –  Al-Masolihul Mursalah

 4 – Qaulu Sohabi

 5 – Amalul Ahli Madinah

 6 – Al-Uruf Wal Aadah

Dasar hukum ijma’

Dasar hukum ijma’ adalah berdasarkan AI-Quran,Al-Hadits dan Akal.

Pertama : Al-Qur’an

Allah SWT berfirman:

Ertinya: “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai-berai.”

(Ali Imran: 103)

Ayat ini memerintahkan kaum muslimin bersatu padu,jangan sekali-kali bercerai-berai.

Termasuk dalam pengertian bersatu itu ialah berijma’(bersepakat) dan dilarang bercerai-berai,iaitu dengan menyalahi ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh para mujtahid.

Firman Allah SWT:

Ertinya: “Dan barangsiapa yang menentang Rasul setelah jelas kebenaran baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang yang beriman,Kami biarkan ia berkuasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukan ia ke dalam jahannam dan jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.”

(an-Nisa’ ayat 115)

Pada ayat di atas terdapat perkataan “sabilil mu’minin”yang berarti jalan orang-orang yang beriman.

Jalan yang disepakati orang-orang beriman dapat dirtikan dengan ijmak.Ayat ini menjadi dalil paling kuat,bahwa Ijma’ menjadi hujjah dlm hukum agama yang wajib diikuti.

Kedua : AI-Hadits

Bila para mujtahid telah melakukan ijma’ (bersepakat) tentang hukum syara’ dari suatu peristiwa maka ijmak itu hendaklah diikuti, kerana mereka tidak mungkin melakukan kesepakatan untuk melakukan kesalahan apalagi kemaksiatan dan dusta, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

Ertinya: “umatku tidak akan bersepakat untuk melakukan kesalahan.”
(HR. Abu Daud dan Tirmizi)

Ketiga: Menurut Dalil Logika.

Nabi Muhammad s.a.w adalah penutup para nabi dan syariatnya berlaku hingga hari Kiamat.

Sementara itu,banyak masalah-masalah hukum baru muncul yang tidak ada nas yang qath’i,baik dari Al-Kitab atau Sunnah,maka inilah gunanya ijmak dan Qiyas sebagai dalil untuk mengetahui sesuatu hukum.

Contoh ijma’ yang dilandaskan berdasarkan Al-Quranadalah kesepakatan para ulama atas keharaman menikahi nenek dan cucu perempuan.

Firman Allah:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمَّاتُكُمْ وَخَالاتُكُمْ وَبَنَاتُ الأخِ وَبَنَاتُ الأخْتِ

Dari ayat ini para ulama bersepakat bahwa kata“ummahat” (para ibu) mencakup ibu kandung dan nenek sehingga ke atas dan kata banat (anak-anak perempuan) mencakup anak dan juga cucu perempuan sehingga ke bawah.

Contoh Ijma’ yang disandarkan atassunnah,kesepakatan para ulama bahwa nenek menggantikan hak ibu,jika ibu kandung si mati sudah wafat,dalam bab mirast faraid (mewarisi harta) .

Dalam hadis disebutkan,ketika seorang nenek datang bertanya kepada Abu Bakar,lalu Abu Bakar bertanya kepada orang ramai,dan Mughirah lah yang telah memberitahu bahwa Rasul pernah memberi perempuan tua (nenek) 1/6 dari harta warisan cucunya. Demikianlah juga dengan Qias.

Apa itu Qias ?

Qias menurut Ulama usul feqh adalah menerangkan sesuatu yang tidak ada nasnya dalam Al-Qur’an danHadits dengan cara membandingkan dengan sesuatu yang ditetapkan hukumnya berdasarkan Nas.

Contoh : Dadah adalah masalah baru yg belum diketahui hukumnya di sisi islam.Oleh itu para ulama’merujuk Al-Quran,mereka tidak menjumpai penyelesaian secara langsung tetapi menjumpai masalah yang sama dari segi illahnya (sebabnya) iaitu arak.Illah arak ialah menghilangkan kewarasan akal sama dengan illah dadah apabila keduanya dimakan, diminum atau dihisap dan sebagainya.

Apabila sudah terdapat persamaan illah antara dadah dengan arak tadi,barulah ulama’ melihat hukum dadah.

Maka hukum dadah adalah sama seperti arak haram dan berdosa besar bagi siapa yang meminumnya dan yang terlibat dengannya.Saya yang faqir ilmu ini mengakhiri tulisan yang tak seberapa ini dengan
Firman Allah :

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya.Sesungguhnya pendengaran, penglihatan,dan hati,semuanya itu akan diminta pertangungan jawabnya.”

( Al-Isra: ayat 36)

Fatwa Ulama: Apa Makna Jumhur?

Fatwa Ulama: Apa Makna Jumhur?

Apa yang dimaksud dengan jumhur? Jumhur artinya mayoritas. Ketika dalam suatu bahasan kami mengatakan “Syafi’iyyah berpendapat demikian..“, lalu diujung bahasan kami mengatakan “Jumhur berpendapat …“, maka yang dimaksud jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Syafi’iyyah

Soal:

Apa yang dimaksud dengan jumhur?

Jawab:

Jumhur artinya mayoritas. Ketika dalam suatu bahasan kami mengatakan “Syafi’iyyah berpendapat demikian..“, lalu diujung bahasan kami mengatakan “Jumhur berpendapat …“, maka yang dimaksud jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Syafi’iyyah. Jika kami mengatakan “Hanafiyyah berpendapat…“, lalu setelah itu kami mengatakan “Jumhur berpendapat …“, maka yang dimaksud jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Hanafiyyah.

Demikian juga jika dalam suatu masalah ada tiga pendapat. Misalnya saya berkata “pendapat Asy Syafi’i begini, pendapat Abu Hanifah begitu, dan pendapat dua imam yang lain adalah begini..“. Maka di sini ada pendapat Asy Syafi’i, Abu Hanifah dan pendapat jumhur, dua imam yang lain yaitu Ahmad dan Malik di sini menjadi jumhur terhadap masing-masing pendapat Asy Syafi’i dan Abu Hanifah. Demikian perkaranya jika kita menemukan istilah jumhur di kitab-kitab perbandingan madzhab yang bertujuan menjelaskan khilaf diantara madzhab yang empat.

Sedangkan pada kitab-kitab yang bertujuan menjelaskan fiqih salaf yaitu pendapat para sahabat Nabi dan juga tabi’in, maka ketika disebut ‘jumhur‘ artinya adalah ‘ulama selain dari yang sudah disebutkan‘. Misalnya dikatakan “pendapat jumhur salaf begini…” lalu setelah itu dikatakan “pendapat Asy Sya’bi, Qatadah, dan Al Hasan adalah begitu…“, maka maksud ‘jumhur’ di sini adalah selain Asy Sya’bi, Qatadah, dan Al Hasan tidak diketahui adanya khilaf. Atau misalnya dikatakan “pendapat jumhur sahabat adalah begini…” lalu setelah itu dikatakan “pendapat Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah adalah begitu…“, maka maksud ‘jumhur’ di sini adalah selain Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah tidak diketahui adanya khilaf. Sehingga para sahabat selain Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah termasuk dalam jumhur. Demikian,wallahu’alam.

INI YANG TERJADI JIKA BUMI DATAR SEPERTI PIRING

INI YANG TERJADI JIKA BUMI DATAR SEPERTI PIRING

Dream – Selama ini banyak orang yakin bahwa Bumi itu bulat. Bukan datar seperti piring sebagaimana diyakini anggota The Flat Earth Society –organisasi internasonal yang mendukung gagasan bahwa Bumi itu datar.

Ilmu pengetahuan yang ditulis dalam berbagai buku, dan diajarkan di sekolah-sekolah, menyebut bentuk Bumi menyerupai sferoid pepat, bola yang bentuknya tertekan pipih di sepanjang sumbu dari kutub ke kutub. Sehingga terdapat tonjolan atau menggembung di sekitar khatulistiwa.

Namun bagaimana jika apa yang kita yakini selama ini keliru? Dan ternyata Bumi berbentuk bukan bulat, melainkan datar seperti piring? Lantas, apa pula yang terjadi?

Ada pembahasan menarik dalam serial Vsauce, yang diunggah ke laman Youtube. Pembahasan itu menjawab pertanyaan bagaimana seandainya Bumi yang kita huni ini berbentu datar seperti piring.

“Jika Bumi tidak bulat, tapi datar seperti piring. Dengan kepadatan dan ketebalan yang tepat, hidup di tengahnya terasa sangat normal,” tutur Michael Stevens dalam serial Vsauce sebagaimana dikutip dari Huffington Post, Senin 8 Desember 2014.

Lalu, apakah kita akan terjatuh jika berada di tepi Bumi yang datar itu? Menurut pembahasan itu, kita tidak akan jatuh dan akan terdorong kembali ke tengah karena pengaruh gravitasi.

“Saat Anda bergerak ke tepi, gravitasi pada piringan Bumi akan sedikit condong, mendorong makin kuat kembali ke tengah,” tambah Stevens.

Video ini juga menunjukkan akan seperti apa jika kita berlari di tepian Bumi yang datar. Meskipun Anda tidak mati, Anda mungkin akan kehabisan napas karena harus naik dengan curam. (Ism)

TIPS MELAHIRKAN ANAK YANG GENIUS.

TIPS MELAHIRKAN ANAK YANG GENIUS.
Feed – Pada umumnya wanita ingin mendapatkan keturunan dengan berkah melebihi dirinya sendiri. Bagi Anda wanita yang bermimpi memiliki anak jenius, Anda dapat memperhatikan tujuh hal berikut. 

1. Konsumsi makanan bergizi

Tambahkan porsi buah, sayur, omega-3 selama Anda hamil. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin hingga dapat mendukung perkembangan otak bayi. Sedangkan omega-3, tak lain adalah “makanan otak”, penting untuk perkembangan bayi. Anda dapat menemukan omega-3 di ikan dan suplemen minyak ikan. Selain itu, mengonsumsi telur sebagai sumber kolin juga dapat meningkatkan fungsi otak, bahkan penguat memori selama perkembangan bayi.

2. Yoga hamil

Olahraga yoga prenatal adalah gaya ibu hamil masa kini. Olahraga ini berguna untuk perkembangan otak bayi dan bermanfaat bagi ibu hamil yang mengalami stres, gugup, atau marah. Semua hal negatif ini harus dihindari ibu hamil karena akan memengaruhi perkembangan si jabang bayi. Maka dari itu, kelas yoga dianggap dapat membuat ibu hamil lebih rileks.

3. Mendengarkan musik

Tak harus membeli headphone untuk memberi suara musik pada bayi saat masih dalam kandungan. Anda dapat mendengarkan musik seperti biasa, salah satu cara dengan mendengarkan lagu klasik. Khususnya, musik dengan nada santai. Sebab, mendengarkan musik secara rutin dapat membangun jembatan saraf di otak bayi.

4. Merangsang bayi.

Studi Journal of the American of Child and Adolescent Psychology menemukan fakta bahwa cahaya redup bisa merangsang bayi saat diletakkan dekat dengan perut ibu. Hindari cahaya terang langsung di perut. Hal itu berdampak pada mata bayi. Selain itu, menyentuh perut dengan lembut juga termasuk salah satu cara merangsang bayi.

5. Hindari zat beracun

Jauhkan diri Anda dari obat-obatan terlarang, alkohol, asap rokok, dan zat beracun lain. Hal itu harus dilakukan jika Anda ingin perkembangan otak bayi di rahim tidak terganggu.

6. Melahirkan cukup bulan

Bayi yang lahir prematur tidak memiliki perkembangan otak yang sama dengan bayi lahir cukup bulan. Maka perhatikan kesehatan saat hamil agar Anda terhindar dari kondisi melahirkan lebih dini. Selengkapnya Ragam Cara Melahirkan Anak Genius via cnnindonesia.com.