Ini Makanan yang Bikin Rokok Terasa Tidak Enak

Ini Makanan yang Bikin Rokok Terasa Tidak Enak

Isnin, 27 April 2015 19:45

Share

Tweet

http://makassar.tribunnews.com/2015/04/27/ini-makanan-yang-bikin-rasa-rokok-tidak-enak”>Share

kompas.com

ilustrasi 
berhenti merokok
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM-Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi keju, segelas air dan sepiring brokoli, bisa membuat rokok menjadi tidak enak.

Para peneliti juga menemukan bahwa rasa rokok akan lebih nikmat setelah memakan daging, meminum alkohol atau minuman yang mengandung kafein.

Hal ini bisa membuat suatu trend baru yang disebut smokers diet�, bisa membuat berhenti merokok menjadi lebih mudah.

“Merokok tidak hanya mengenai kecanduan nikotin, ini juga mengenai rasa dan kualitas sensoris dari merokok,” kata F.Joseph McClemon, asisten professor di departemen psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University Medical Center di Durham, N.C, belum lama ini.

Jadi, apapun yang kita temukan yang bisa mengganggu pengalaman merokok menjadi tidak menyenangkan, bisa memudahkan perokok untuk berhenti.

Di Nicotine & Tobacco Research edisi April, McClemon dan koleganya melaporkan studi yang mereka lakukan terhadap 209 pria dan wanita yang merokok. Mereka merokok minimum 10 sampai 15 batang per hari dan berada dalam keadaan sehat.
Para peneliti menanyakan pada para perokok apakah makanan yang diberikan kepada mereka membuat rokok terasa lebih nikmat atau lebih buruk.
Jumlah rokok yang dikonsumsi pun dicatat, demikian juga dengan merk rokok, jenisnya, ukurannya.
Hampir 45 persen dari perokok itu menyebutkan beberapa makanan yang memperburuk rasa dari rokok (55 persen tidak menyebutkan), sedangkan hampir 70 persen mengidentifikasi makanan-makanan yang meningkatkan rasa dari rokok (30 persen tidak menyebutkan).
Beberapa makanan yang disebutkan memperburuk rasa dari rokok adalah sayuran dan buah-buahan, makanan-makanan yang berasal dari susu, minuman yang tidak mengandung kafein (jus, air putih).
Para partisipan juga menambahkan kalau ada situasi-situasi tertentu yang mengganggu kenikmatan merokok yaitu: sedang dalam masa pengobatan, cuaca yang panas, merokok terlalu banyak atau terlalu cepat, lingkungan yang terlalu berasap.
Di sisi lain, minuman yang mengandung kafein, alkohol, daging meningkatkan rasa dari rokok itu sendiri.  
McClermon dan timnya juga menyatakan bahwa perokok yang lebih muda lebih sensitif terhadap makanan-makanan yang memperburuk rasa.
Sedangkan orang yang merokok dengan jumlah rokok yang lebih sedikit lebih peka terhadap makanan yang meningkatkan rasa dari rokok.
Mereka yang merokok jenis non-menthol lebih sensitif terhadap kedua pengaruh tersebut.
Stanton A.Glantz, director of the Center for Tobacco Control Research and Education at the University of California, San Fransisco menyatakan bahwa penelitian ini menarik.
Tapi dia juga menambahkan bahwa penelitian ini perlu penelitian lebih lanjut lagi, karena biar bagaimanapun ada reaksi-reaksi psychopharmacology terjadi di sini.
Ia juga menambahkan bahwa cara ini merupakan cara yang wajar untuk menghentikan kebiasaan merokok.
Matthew L. Myers, president of the Campaign for Tobacco-Free Kids setuju. (TanyaDok.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s