Pimpinan disebut tolol, Taliban umumkan perang dengan ISISReporter : Yulistyo Pratomo 

Pimpinan disebut tolol, Taliban umumkan perang dengan ISISReporter : Yulistyo Pratomo 

image

Merdeka.com – Gara-gara disebut tolol, pimpinan tertinggi Taliban Mullah Mohammad Omar menyatakan perang terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang dipimpin Abu Bakar al-Baghdadi. Pernyataan ini meningkatkan ketegangan di Timur Tengah, di mana kedua belah menyatakannya sebagai jihad.

Dikutip dari harian indiatimes, Kamis (23/4), pernyataan perang ini diketahui dari Nabi Jan Mullahkhil, kepala polisi salah satu provinsi di Afghanistan. Dalam sebuah wawancaranya dengan radio lokal, dia mengaku melihat sebuah dokumen di mana kedua militan itu saling menyatakan jihad terhadap satu sama lainnya.

Bentrok antara keduanya ini terjadi akibat Al-Baghdadi menyebut Mullah Omar sebagai orang bodoh dan pemimpin perang yang buta huruf. Tak hanya itu, pemimpin ISIS itu menyebut Mullah Omar tak pantas menjadi pemimpin spiritual maupun politik.

Di saat bersamaan, milisi Taliban telah diperintahkan untuk mencegah bendera ISIS berkibar di tanah Afghanistan. ISIS pun menanggapinya dengan menyebut mereka lebih baik dibanding Taliban dalam dua tahun terakhir. Bahkan, mereka telah mengendalikan Twitter dan internet.

Tak hanya itu, ISIS mengklaim telah memburu ratusan militan Taliban di Pakistan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s