5 ALASAN KENAPA ORANG ENGGAN MENGUBAH KEBIASAAN

5 ALASAN KENAPA ORANG ENGGAN MENGUBAH KEBIASAAN
By on 21 Apr 2015 at 09:04
Share  Comment

image

5 Kebiasaan ini berdampak buruk tak hanya bagi diri sendiri tetapi juga pengguna jalan yang lain.
Citizen6, Jakarta Setiap orang memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik. Salah satunya dengan menggantikan kebiasaan lama yang buruk dengan kebiasaan baru yang tentunya lebih baik. Namun keinginan tersebut sering kandas di tengah jalan karena niatan kita luntur seiring waktu. Sebenarnya apa sih penyebab sulitnya mengubah kebiasaan. Ternyata ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam mengubah kebiasaan.

1.    Tidak mengubah lingkungan Anda

Lebih penting mana, fokus pada mengubah kebiasaan atau mengubah lingkungan sekitar? Jika Anda menjawab mengubah kebiasaan, maka wajar saja Anda mengalami kesulitan. Misal Anda ingin hidup sehat, maka siapkan makanan sehat di rumah. Hindari menyimpan makanan yang tidak sehat di rumah. Dengan ketiadaan makanan tidak sehat, maka Anda pun tidak akan tergoda untuk mencicipinya.

2.    Mengharapkan Kenyamanan

Perubahan dalam kehidupan tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Misalnya Anda ingin membiasakan diri berolahraga. Tapi Anda menghabiskan hari libur dengan bersantai-santai. Kebiasaan bersantai ini menyulitkan kita untuk memulai kebiasaan berolahraga. Atasilah hal ini dengan perlahan-lahan menginggalkan kebiasaan lama. Mungkin bisa melakukan olahraga sederhana di dalam rumah.

3.    Tidak Memulai Dari Hal Kecil

Optimisme memang menjadi modal utama dalam mengubah kebiasaan. Namun terlalu berfokus pada hasil akhir tentu tidak baik. Misal saat Anda ingin diet. Gaya hidup dan cara makan Anda langsung berubah drastis. Tentu ini tidak baik bagi tubuh dan tekad Anda. Karena merasakan tidak enaknya perubahan ini, maka di tengah jalan tak jarang Anda berhenti. Cobalah untuk perlahan-lahan mengikuti program diet yang Anda pilih.

4.    Tidak realistis

Baru sekali berolahraga, Anda sudah membayangkan memiliki gaya hidup sehat. Namun kenyataan berkata lain, Anda merasa keletihan setelah berolahraga. Kejadian ini membuat Anda menyesali keputusan untuk berolahraga. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera sadari khayalan dan realitas adalah dua hal yang berbeda.

5.    Terburu-buru dalam memulainya

Hari ini Anda memutuskan untuk diet. Keesokan harinya Anda langsung menghindari cemilan. Tentu Anda akan berpikir ‘betapa mudahnya merubah kebiasaan’. Menganggap mudah keputusan untuk berubah sebetulnya sangat berisiko. Ya berisiko Anda cepat melepaskan kebiasaan baru karena Anda beranggapan akan mudah lagi memulainya.
Maka cara yang paling tepat adalah tentukan tanggal pasti Anda ingin memulai kebiasaan baru tersebut. Sambil menunggu hari H, lakukan berbagai persiapan untuk menghadapi rintangan-rintangan yang bermunculan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s